Cara Berinvestasi Emas

Jika kita berbicara mengenai investasi emas, hal pertama yang muncul dalam pikiran kita mungkin adalah emas dalam bentuk apa yang harus kita miliki.

Bagi orang awam mungkin yang terlintas di pikiran mereka adalah membeli emas di toko emas. Lalu kemudian memakainya sebagai perhiasan sekaligus sebagai investasi. Menurut mereka pasti menguntungkan karena selain berinvestasi juga bisa digunakan mempercantik diri. Dan, kalau harganya naik bisa dijual kembali. Kemudian menunggu waktu yang tepat untuk membelinya kembali jika harga turun. Pemikiran yang sederhana, bukan?

Namun yang dinamakan berinvestasi dalam bentuk emas bukan hanya dengan cara seperti itu. Ada cara lain yang dapat memberikan keuntungan yang lebih besar. Cara yang saya maksudkan adalah membeli emas dalam bentuk batangan.

Lalu Anda mungkin akan senyum kecut. Beli emas batangan? Ya gak mungkinlah, pasti perlu uang yang sangat banyak. Mungkin itulah yang terlintas di pikiran Anda.

Eps, jangan apriori dulu. Emas batangan kan tidak harus besar. Emas batangan juga ada yang berukuran kecil lho. Nah, inilah yang saya maksudkan sebagai alternatif lain berinvestasi emas. Jadi bisa dilakukan secara bertahap.

Mungkin Anda bertanya dimana tempat untuk mendapatkannya. Di toko emas pastilah mahal, karena yang kecil saja sudah mahal. Tapi, tunggu dulu, ada tempat yang tepat untuk membelinya. Salah satunya adalah di Pegadaian!

Di Pegadaian, ada ukuran-ukuran kecil emas batangan, yang dijual bahkan mulai dari satuan gram yang kecil yaitu 1 gram. Satuan berat lain yang diperjualbelikan di Pegadaian adalah 2, 5, 10, 25, 50 dan 100 gram. Harga per gram saat tulisan ini saya buat adalah Rp. 617.000,- .

Emas  (Sumber gambar antam.com)

 

Jadi Anda dapat berinvestasi secara bertahap mulai dengan 1 gram.

Dari sinilah Anda menyusun strategi investasi Anda sendiri. Apakah akan membeli 1 gram setiap minggu, atau setiap bulan? Atau mungkin dengan satuan berat yang lebih besar, 2 gram misalnya. Anda yang menentukan sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Dan hebatnya lagi, Anda tidak perlu pusing tempat untuk menyimpannya. Anda bisa menitipkannya di Pegadaian. Jadi Anda tidak perlu takut hilang seperti halnya jika Anda menyimpannya di rumah.

Apakah sekarang Anda masih berpikiran berinvestasi emas dengan cara membeli perhiasan emas di toko emas? Bisa saja, jika tujuan Anda adalah berinvestasi sekaligus untuk tampil cantik. Namun, jika tujuan Anda adalah murni untuk berinvestasi emas, mungkin Anda perlu untuk mempertimbangkan langkah-langkah yang saya sebutkan di atas. Karena jika Anda membeli perhiasan di toko emas untuk investasi, Anda akan dikenakan biaya produksi untuk membuat perhiasan tersebut. Dan ketika Anda menjualnya kembali ke toko yang sama, maka nilai emas Anda akan dikurangi dengan ongkos pembuatannya.

Jadi, masih berpikir membeli perhiasan di toko emas? Memakainya atau menyimpannya di rumah? (Bisa hilang lho). Saatnya Anda untuk mencoba membeli emas sebagai sarana investasi di tempat yang tepat dan aman.

Semua kembali kepada diri Anda sendiri. Berinvestasi? Atau, Investasi tapi juga cantik? Atau cantik sekaligus investasi?

Ah, ini cuma opini saya saja. Tidak harus diikuti. Wong uang Anda kok. Saya cuma memberi sebuah alternatif cara berinvestasi emas. Dan tulisan ini saya tujukan bagi yang belum mengerti  cara lain berinvestasi emas selain dengan cara membeli perhiasan di toko emas. Saya yakin banyak di antara pembaca yang sudah tahu dan melakukan apa yang saya terangkan. Jika demikian, tulisan ini bukan buat Anda.

Selamat berinvestasi! (Sekali lagi, hanya buat orang awam).

 

Baca juga:

Tips Membeli Emas

Tips Menjual Emas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *