Tips Membeli Emas

Anda ingin membeli emas?

Kemungkinan itu ada, sebab Anda telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

Namun jika seandainyapun Anda tidak hendak membeli emas, atau baru mempertimbangkan untuk membeli emas, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini.




Pertama: Tanyakan pada diri Anda tujuan membeli emas.

Apakah Anda membeli emas untuk dipakai sebagai perhiasan? Ataukah membeli emas sebagai bentuk investasi?

Tujuan yang manapun diantara kedua pertanyaan diatas alasan Anda untuk membeli emas, pastikan Anda memperhatikan tips-tips di bawah ini.

  1. Cek Harga

Sangat penting untuk mengamati harga emas terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Hal itu harus dilakukan karena harga emas selalu mengalami perubahan setiap hari

Dengan melakukan pengamatan pergerakan harga emas, Anda akan mendapatkan harga emas yang  benar-benar bisa menguntungkan. Tujuannya jelas, agar Anda melakukan pembelian pada saat harga emas berada pada harga terbaik (harga semurah mungkin).

Hal ini sangat penting dilakukan agar pada saat Anda menjualnya kembali, Anda akan mendapatkan margin yang lebih besar.

Khusus jika Anda membeli emas untuk perhiasan, selain memantau harga melalui media massa, media elektronik ataupun media online, ada baiknya juga Anda membandingkan harga dari beberapa toko emas (mungkin 3 atau 4 toko)

  1. Cek Kondisi Fisik Emas

Sebelum melakukan pembelian, pastikan Anda memeriksa kondisi fisik emas.

Kondisi yang baik adalah jika emas itu mulus, mengkilap dan tidak terdapat goresan atau cacat lain.

Pastikan juga tidak terdapat spot warna lain misalnya warna kehijauan pada badan emas. Warna kehijauan biasanya adalah tanda bahwa proses produksinya tidak sempurna (ada kandungan zat kimia yang masih tertinggal).

Kondisi yang seperti itu dapat merugikan Anda ketika menjualnya kembali. Sebab, kondisi fisik emas sangat menentukan harga emas.

  1. Sertifikat

Setelah melihat dan memperhatikan kondisi fisik emas, tanyakan juga surat/sertifikat yang menjamin keaslian emas. Sertifikat tersebut  menerangkan berat dan kadar kemurnian emas yang Anda beli.

Mintalah surat/sertifikat yang menerangkan kadar dan berat emas yang Anda beli. Surat atau sertifikat emas tersebut akan sangat berguna pada saat menjualnya kembali, oleh karena itu simpanlah surat/sertifikat tersebut sebaik-baiknya.




Kedua: Tanyakan pada diri Anda ukuran atau berat yang Anda butuhkan.

Jika Anda membeli emas sebagai perhiasan mungkin Anda tidak memerlukan ukuran yang besar. Sebab sangat tidak mungkin mengenakan emas dalam jumlah besar, selain beresiko kehilangan juga sangat membahayakan diri Anda apalagi anda tinggal di perkotaan.

Namun jika Anda membeli emas sebagai langkah investasi ada baiknya mempertimbangkan ukuran yang lebih besar.

 

Ketiga: Dimana tempat yang tepat membeli emas?

Untuk membeli emas yang akan digunakan sebagai perhiasan, Anda bisa membelinya di toko-toko emas di kota Anda berdomisili.

Namun Anda harus selalu ingat bahwa Anda harus berhati-hati dalam membeli emas. Belilah emas di toko emas yang mempunyai reputasi baik agar terhindar dari penipuan.

Bagaimana jika tujuan Anda adalah berinvestasi? Ada baiknya anda memilih membelinya di PT ANTAM (Aneka Tambang) atau di kantor-kantor pegadaian di kota Anda.




Kedua tempat pembelian diatas menyediakan emas dalam bentuk batangan yang ditujukan untuk berinvestasi. Mulai ukuran yang kecil sampai dengan ukuran yang besar.

Di kedua tempat ini juga terjamin keamanannya dan keasliannya.

 

Baca juga:

Cara Berinvestasi Emas

Tips Menjual Emas

 

Bagikan ke teman? Pilih di bawah ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *