Tips Menjual Emas

Menjual kembali emas Anda?

Jika iya, berarti Anda sudah siap untuk memperoleh keuntungan!

O iya? Iya, karena salah satu tujuan berinvestasi emas adalah untuk mendapatkan keuntungan. Itu kalau Kita berbicara mengenai investasi. Lain halnya jika memang Anda menjual emas karena kebutuhan yang mendesak.

Jika Anda tiba pada kondisi memutuskan untuk menjual emas Anda, coba perhatikan beberapa hal berikut.

 

Pertama: Tanyakan pada diri Anda mengapa harus menjual emas Anda.

Menjual emas biasanya timbul karena dua kondisi.

  1. Kebutuhan yang mendesak

Jika Anda harus menjual emas Anda karena kebutuhan yang mendesak, sulit bagi anda untuk mendapatkan keuntungan. Namun demikian, keuntungan tetap bisa anda dapatkan seandainya kondisi harga pada saat Anda akan menjualnya lebih bagus daripada waktu Anda membelinya (terutama jika Anda mengikuti Tips Membeli Emas pada artikel terdahulu).

  1. Mengambil Keuntungan

Jika harga emas sedang naik, Anda bisa menjual emas Anda untuk mengambil keuntungan dari fluktuasi harga yang terjadi. Tentu saja Anda harus mengikuti pergerakan harga emas sebelumnya dan kemungkinan penurunan harga di waktu yang akan datang.

Intuisi berperan dalam hal ini. Kemudian Anda bisa saja membeli emas kembali pada saat harga mulai turun kembali.

 

Kedua: Faktor-faktor yang harus Anda perhatikan ketika akan menjual emas Anda.

  1. Kondisi Fisik Emas Anda

Perhatikan apakah kondisi emas Anda masih tetap bagus seperti waktu Anda membelinya?

  1. Surat/Sertifikat Emas Anda

Siapkan surat/sertifikat emas Anda.

  1. Taksir Nilai Emas Anda

Menaksir nilai emas Anda penting untuk dilakukan. Jika emas Anda berbentuk perhiasan biasanya toko tempat Anda membeli akan menaksir kembali emas yang akan Anda jual. Namun jika emas yang Anda miliki berbentuk batang yang sebelumnya Anda persiapkan sebagai sarana investasi, Anda cukup pergi ke Pegadaian untuk melakukan taksiran nilai emas Anda.

Namun jika jumlah emas Anda tergolong besar(banyak) dan Anda kurang yakin akan taksiran yang dilakukan oleh toko emas tempat Anda akan menjualnya, Anda bisa saja menghubungi penaksir emas independen. Anda dapat pergi ke kantor-kantor jasa penilai aset yang bersertifikat resmi.

  1. Cek dan Bandingkan Harga

Mengecek harga pada saat akan menjual emas adalah sangat penting. Sama halnya pada saat Anda membeli emas. Anda harus mengikuti pergerakan harga emas dalam waktu tertentu sesuai dengan niat awal Anda berinvesatasi emas.

 

Untuk emas berbentuk batangan, tempat terbaik untuk menjualnya adalah di Pegadaian atau PT Antam(Aneka Tambang).

Namun walaupun seandainya Anda harus menjual emas karena membutuhan dana cepat, hendaknya dipikirkan ulang apakah memang menjual emas adalah satu-satunya jalan keluar yang harus Anda tempuh.

 

Baca juga:

Tips Membeli Emas

Cara Berinvestasi Emas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *