Harga Emas Pegadaian Indonesia

 

Harga Emas Logam Mulia Pegadaian
Gram per Batangan (Rp) per Gram (Rp)
1000  –  –
500 304.600.000 609.200
250 148.500.000 594.000
100 60.810.000 608.100
50 30.710.000 614.200
25 15.240.000 609.600
10 6.198.000 619.800
5 3.107.000 621.400
4  –  –
3  –  –
2.5  –  –
2 1.259.000 629.500
1 653.000 653.000
Update harga LM Pegadaian : 06 Agustus 2018

Sumber:
Harga-Emas.org

Bagikan ke teman? Pilih di bawah ini:

Harga Emas Aneka Tambang Indonesia

Harga Emas Logam Mulia Antam
Gram per Batangan (Rp) per Gram (Rp)
1000  –  –
500 300.051.000 600.102
250 150.176.500 600.706
100 60.227.000 602.270
50 30.174.000 603.480
25 15.147.500 605.900
10 6.109.000 610.900
5 3.097.000 619.400
4
3 1.869.999 623.333
2.5
2 1.259.000 629.500
1 654.000 654.000
Update harga LM Antam : 06 Agustus 2018, pukul 08:27
Harga pembelian kembali : Rp. 565.000/gram

Sumber:
Harga-Emas.org

Bagikan ke teman? Pilih di bawah ini:

Cara Berinvestasi Emas

Jika kita berbicara mengenai investasi emas, hal pertama yang muncul dalam pikiran kita mungkin adalah emas dalam bentuk apa yang harus kita miliki.

Bagi orang awam mungkin yang terlintas di pikiran mereka adalah membeli emas di toko emas. Lalu kemudian memakainya sebagai perhiasan sekaligus sebagai investasi. Menurut mereka pasti menguntungkan karena selain berinvestasi juga bisa digunakan mempercantik diri. Dan, kalau harganya naik bisa dijual kembali. Kemudian menunggu waktu yang tepat untuk membelinya kembali jika harga turun. Pemikiran yang sederhana, bukan?




Namun yang dinamakan berinvestasi dalam bentuk emas bukan hanya dengan cara seperti itu. Ada cara lain yang dapat memberikan keuntungan yang lebih besar. Cara yang saya maksudkan adalah membeli emas dalam bentuk batangan.

Lalu Anda mungkin akan senyum kecut. Beli emas batangan? Ya gak mungkinlah, pasti perlu uang yang sangat banyak. Mungkin itulah yang terlintas di pikiran Anda.

Eps, jangan apriori dulu. Emas batangan kan tidak harus besar. Emas batangan juga ada yang berukuran kecil lho. Nah, inilah yang saya maksudkan sebagai alternatif lain berinvestasi emas. Jadi bisa dilakukan secara bertahap.

Mungkin Anda bertanya dimana tempat untuk mendapatkannya. Di toko emas pastilah mahal, karena yang kecil saja sudah mahal. Tapi, tunggu dulu, ada tempat yang tepat untuk membelinya. Salah satunya adalah di Pegadaian!




Di Pegadaian, ada ukuran-ukuran kecil emas batangan, yang dijual bahkan mulai dari satuan gram yang kecil yaitu 1 gram. Satuan berat lain yang diperjualbelikan di Pegadaian adalah 2, 5, 10, 25, 50 dan 100 gram. Harga per gram saat tulisan ini saya buat adalah Rp. 617.000,- .

Emas  (Sumber gambar antam.com)

 

Jadi Anda dapat berinvestasi secara bertahap mulai dengan 1 gram.

Dari sinilah Anda menyusun strategi investasi Anda sendiri. Apakah akan membeli 1 gram setiap minggu, atau setiap bulan? Atau mungkin dengan satuan berat yang lebih besar, 2 gram misalnya. Anda yang menentukan sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Dan hebatnya lagi, Anda tidak perlu pusing tempat untuk menyimpannya. Anda bisa menitipkannya di Pegadaian. Jadi Anda tidak perlu takut hilang seperti halnya jika Anda menyimpannya di rumah.

Apakah sekarang Anda masih berpikiran berinvestasi emas dengan cara membeli perhiasan emas di toko emas? Bisa saja, jika tujuan Anda adalah berinvestasi sekaligus untuk tampil cantik. Namun, jika tujuan Anda adalah murni untuk berinvestasi emas, mungkin Anda perlu untuk mempertimbangkan langkah-langkah yang saya sebutkan di atas. Karena jika Anda membeli perhiasan di toko emas untuk investasi, Anda akan dikenakan biaya produksi untuk membuat perhiasan tersebut. Dan ketika Anda menjualnya kembali ke toko yang sama, maka nilai emas Anda akan dikurangi dengan ongkos pembuatannya.

Jadi, masih berpikir membeli perhiasan di toko emas? Memakainya atau menyimpannya di rumah? (Bisa hilang lho). Saatnya Anda untuk mencoba membeli emas sebagai sarana investasi di tempat yang tepat dan aman.

Semua kembali kepada diri Anda sendiri. Berinvestasi? Atau, Investasi tapi juga cantik? Atau cantik sekaligus investasi?




Ah, ini cuma opini saya saja. Tidak harus diikuti. Wong uang Anda kok. Saya cuma memberi sebuah alternatif cara berinvestasi emas. Dan tulisan ini saya tujukan bagi yang belum mengerti  cara lain berinvestasi emas selain dengan cara membeli perhiasan di toko emas. Saya yakin banyak di antara pembaca yang sudah tahu dan melakukan apa yang saya terangkan. Jika demikian, tulisan ini bukan buat Anda.

Selamat berinvestasi! (Sekali lagi, hanya buat orang awam).

 

Baca juga:

Tips Membeli Emas

Tips Menjual Emas

 

Bagikan ke teman? Pilih di bawah ini:

Tips Menjual Emas

Menjual kembali emas Anda?

Jika iya, berarti Anda sudah siap untuk memperoleh keuntungan!

O iya? Iya, karena salah satu tujuan berinvestasi emas adalah untuk mendapatkan keuntungan. Itu kalau Kita berbicara mengenai investasi. Lain halnya jika memang Anda menjual emas karena kebutuhan yang mendesak.




Jika Anda tiba pada kondisi memutuskan untuk menjual emas Anda, coba perhatikan beberapa hal berikut.

 

Pertama: Tanyakan pada diri Anda mengapa harus menjual emas Anda.

Menjual emas biasanya timbul karena dua kondisi.

  1. Kebutuhan yang mendesak

Jika Anda harus menjual emas Anda karena kebutuhan yang mendesak, sulit bagi anda untuk mendapatkan keuntungan. Namun demikian, keuntungan tetap bisa anda dapatkan seandainya kondisi harga pada saat Anda akan menjualnya lebih bagus daripada waktu Anda membelinya (terutama jika Anda mengikuti Tips Membeli Emas pada artikel terdahulu).

  1. Mengambil Keuntungan

Jika harga emas sedang naik, Anda bisa menjual emas Anda untuk mengambil keuntungan dari fluktuasi harga yang terjadi. Tentu saja Anda harus mengikuti pergerakan harga emas sebelumnya dan kemungkinan penurunan harga di waktu yang akan datang.




Intuisi berperan dalam hal ini. Kemudian Anda bisa saja membeli emas kembali pada saat harga mulai turun kembali.

 

Kedua: Faktor-faktor yang harus Anda perhatikan ketika akan menjual emas Anda.

  1. Kondisi Fisik Emas Anda

Perhatikan apakah kondisi emas Anda masih tetap bagus seperti waktu Anda membelinya?

  1. Surat/Sertifikat Emas Anda

Siapkan surat/sertifikat emas Anda.

  1. Taksir Nilai Emas Anda

Menaksir nilai emas Anda penting untuk dilakukan. Jika emas Anda berbentuk perhiasan biasanya toko tempat Anda membeli akan menaksir kembali emas yang akan Anda jual. Namun jika emas yang Anda miliki berbentuk batang yang sebelumnya Anda persiapkan sebagai sarana investasi, Anda cukup pergi ke Pegadaian untuk melakukan taksiran nilai emas Anda.

Namun jika jumlah emas Anda tergolong besar(banyak) dan Anda kurang yakin akan taksiran yang dilakukan oleh toko emas tempat Anda akan menjualnya, Anda bisa saja menghubungi penaksir emas independen. Anda dapat pergi ke kantor-kantor jasa penilai aset yang bersertifikat resmi.

  1. Cek dan Bandingkan Harga

Mengecek harga pada saat akan menjual emas adalah sangat penting. Sama halnya pada saat Anda membeli emas. Anda harus mengikuti pergerakan harga emas dalam waktu tertentu sesuai dengan niat awal Anda berinvesatasi emas.

 

Untuk emas berbentuk batangan, tempat terbaik untuk menjualnya adalah di Pegadaian atau PT Antam(Aneka Tambang).




Namun walaupun seandainya Anda harus menjual emas karena membutuhan dana cepat, hendaknya dipikirkan ulang apakah memang menjual emas adalah satu-satunya jalan keluar yang harus Anda tempuh.

 

Baca juga:

Tips Membeli Emas

Cara Berinvestasi Emas

 

Bagikan ke teman? Pilih di bawah ini:

Tips Membeli Emas

Anda ingin membeli emas?

Kemungkinan itu ada, sebab Anda telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

Namun jika seandainyapun Anda tidak hendak membeli emas, atau baru mempertimbangkan untuk membeli emas, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini.




Pertama: Tanyakan pada diri Anda tujuan membeli emas.

Apakah Anda membeli emas untuk dipakai sebagai perhiasan? Ataukah membeli emas sebagai bentuk investasi?

Tujuan yang manapun diantara kedua pertanyaan diatas alasan Anda untuk membeli emas, pastikan Anda memperhatikan tips-tips di bawah ini.

  1. Cek Harga

Sangat penting untuk mengamati harga emas terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Hal itu harus dilakukan karena harga emas selalu mengalami perubahan setiap hari

Dengan melakukan pengamatan pergerakan harga emas, Anda akan mendapatkan harga emas yang  benar-benar bisa menguntungkan. Tujuannya jelas, agar Anda melakukan pembelian pada saat harga emas berada pada harga terbaik (harga semurah mungkin).

Hal ini sangat penting dilakukan agar pada saat Anda menjualnya kembali, Anda akan mendapatkan margin yang lebih besar.

Khusus jika Anda membeli emas untuk perhiasan, selain memantau harga melalui media massa, media elektronik ataupun media online, ada baiknya juga Anda membandingkan harga dari beberapa toko emas (mungkin 3 atau 4 toko)

  1. Cek Kondisi Fisik Emas

Sebelum melakukan pembelian, pastikan Anda memeriksa kondisi fisik emas.

Kondisi yang baik adalah jika emas itu mulus, mengkilap dan tidak terdapat goresan atau cacat lain.

Pastikan juga tidak terdapat spot warna lain misalnya warna kehijauan pada badan emas. Warna kehijauan biasanya adalah tanda bahwa proses produksinya tidak sempurna (ada kandungan zat kimia yang masih tertinggal).

Kondisi yang seperti itu dapat merugikan Anda ketika menjualnya kembali. Sebab, kondisi fisik emas sangat menentukan harga emas.

  1. Sertifikat

Setelah melihat dan memperhatikan kondisi fisik emas, tanyakan juga surat/sertifikat yang menjamin keaslian emas. Sertifikat tersebut  menerangkan berat dan kadar kemurnian emas yang Anda beli.

Mintalah surat/sertifikat yang menerangkan kadar dan berat emas yang Anda beli. Surat atau sertifikat emas tersebut akan sangat berguna pada saat menjualnya kembali, oleh karena itu simpanlah surat/sertifikat tersebut sebaik-baiknya.




Kedua: Tanyakan pada diri Anda ukuran atau berat yang Anda butuhkan.

Jika Anda membeli emas sebagai perhiasan mungkin Anda tidak memerlukan ukuran yang besar. Sebab sangat tidak mungkin mengenakan emas dalam jumlah besar, selain beresiko kehilangan juga sangat membahayakan diri Anda apalagi anda tinggal di perkotaan.

Namun jika Anda membeli emas sebagai langkah investasi ada baiknya mempertimbangkan ukuran yang lebih besar.

 

Ketiga: Dimana tempat yang tepat membeli emas?

Untuk membeli emas yang akan digunakan sebagai perhiasan, Anda bisa membelinya di toko-toko emas di kota Anda berdomisili.

Namun Anda harus selalu ingat bahwa Anda harus berhati-hati dalam membeli emas. Belilah emas di toko emas yang mempunyai reputasi baik agar terhindar dari penipuan.

Bagaimana jika tujuan Anda adalah berinvestasi? Ada baiknya anda memilih membelinya di PT ANTAM (Aneka Tambang) atau di kantor-kantor pegadaian di kota Anda.




Kedua tempat pembelian diatas menyediakan emas dalam bentuk batangan yang ditujukan untuk berinvestasi. Mulai ukuran yang kecil sampai dengan ukuran yang besar.

Di kedua tempat ini juga terjamin keamanannya dan keasliannya.

 

Baca juga:

Cara Berinvestasi Emas

Tips Menjual Emas

 

Bagikan ke teman? Pilih di bawah ini: